Selasa, 29 Mei 2012

Pengertian Masyarakat


Istilah masyarakat berasal dari bahasa arab yaitu “syaraka” yang berarti ikut serta atau berpartisipasi. Dalam bahasa inggris dipakai istilah society yang berasal dari kata latin socius, yang berarti kawan.

Ahli yang mendefinisikan arti masyarakat adalah :
1.      Koentjoro ningrat : masyarakat adalah  kesatua hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu. Dan terikat oileh suatu rasa identitas bersama.
2.      Selo Soemardjan mengatakan bahwa masyarakat adalah orang – orang yang hidup bersama, yang menghasilkan kebudayaan.
3.      J.L Gillin dan J.P Gillin mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang sama.
4.      Ralph Linton menyebutkan bahwa masyarakat adalah sekelompok manusia yang telah hidup dan bekerjasama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri sendiri dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial dengan batas – batas yang dirumuskan dengan jelas.
5.      Emile Durkheim berpendapat bahwa masyarakat adalah suatu sistem yang dibentuk dari hubungan antar anggota sehinggga menampilkan suatu realitas tertentu yang mempunyai ciri – cirinya sendiri.
6.      M .J Herskovits mengemukakan bahwa masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasi dan mengikuti satu cara hidup tertentu.
7.      Mag Iver dan Page mengatakan bahwa masyarakat adalah suatu sistem dari kebiasaan dan tatacara, dari wewenang dan kerjasama antara berbagai kelompok dan penggolongan, dari pengawasan tingkah laku serta kebebasan manusia. Keseluruhan yang diubah disebut masyarakat. Masyarakat merupakan jalinan hubungan sosial dan masyarakat selalu berubah.

http://definisi-pengertian.blogspot.com/2009/12/definisi-masyarakat.html

0 komentar:

Posting Komentar